Tutorial Pengaturan Pengguna di Aplikasi Pesantren / SIAKAD Pesantren

Beranda/Panduan Aplikasi Pesantren/ pengaturan pengguna

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar cara menambahkan pengguna baru serta memberikan hak akses yang sesuai di aplikasi multi.sipond.com. Anda bisa menambahkan banyak pengguna dengan berbagai peran, misalnya untuk bagian Keuangan, Tahfiz, Tata Usaha, dan lainnya. Yuk, kita mulai!

Langkah-langkah Menambahkan Pengguna Baru:

  1. Login ke Aplikasi:

    • Masuk ke menu Admin pada aplikasi multi.sipond.com.
  2. Menu Pengguna:

    • Pilih menu Pengaturan Pengguna atau User Settings.
  3. Tambah Pengguna Baru:

    • Klik tombol Tambah Pengguna Baru atau Add New User.
  4. Isi Data Pengguna:

    • Email: Masukkan alamat email pengguna. Contohnya, email@gmail.com.
    • Password: Masukkan kata sandi untuk akun pengguna tersebut.
    • Nama Pengguna: Masukkan nama pengguna, misalnya Muhammad.
    • Kode Nota (Opsional): Jika pengguna tersebut di bagian Keuangan, Anda bisa mengatur Kode Nota untuk membedakan transaksi yang dilakukan oleh pengguna. Contohnya, jika kode nota untuk pengguna Muhammad adalah MD, maka semua nota dari akun ini akan diawali dengan kode MD.
    • Nomor Telepon: Masukkan nomor telepon pengguna (jika diperlukan).
  5. Simpan Pengguna:

    • Setelah mengisi semua informasi, klik Simpan.

Langkah-langkah Memberikan Hak Akses:

  1. Pilih Pengguna:

    • Setelah pengguna berhasil ditambahkan, Anda akan melihat daftar pengguna. Cari pengguna yang baru ditambahkan (contohnya email@gmail.com), lalu klik tombol biru di sampingnya untuk mengatur hak akses.
  2. Pilih Hak Akses:

    • Anda akan melihat daftar menu atau fitur yang bisa diakses oleh pengguna.
    • Pilih peran pengguna sesuai kebutuhan, misalnya Tata Usaha atau Bagian Siswa.
    • Untuk hak akses yang lebih rinci, klik tanda panah di samping menu yang dipilih. Ini akan membuka submenu yang lebih detail, seperti Absensi Siswa.
  3. Simpan Pengaturan:

    • Setelah memilih hak akses yang diinginkan, klik Simpan.

Catatan Penting:

  • Pengguna bisa memiliki beberapa peran sekaligus, misalnya Tata Usaha dan Bagian Tahfiz.
  • Jangan lupa untuk mengklik tanda panah di sebelah menu yang memiliki akses lebih rinci agar pengguna bisa mengakses fitur-fitur tambahan yang diperlukan.

Demikianlah cara menambahkan dan mengatur hak akses pengguna di aplikasi Sipond Multi. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda bisa mengatur siapa saja yang dapat mengakses aplikasi dan menentukan peran mereka sesuai kebutuhan sekolah atau pesantren Anda.

Semoga bermanfaat!